Skip to main content

Bahasa Arabnya Berikanlah aku - haati | Pelajaran 6 Durusul Lughah 2


Kita masih dalam tahap pembelajaran ke enam dari kitab Durusul lughah jilid 2.

Materi kali ini adalah tentang sebuah kata yaitu هَاتِ (haati) dan tashrif lughawinya. Sebagai tambahan, saya akan menjelaskan pula contoh fi'il amr lainnya beserta tashrifnya.


berikan padaku bahasa arabnya


Penjelasan tentang هَاتِ (haati)


1. هَاتِ adalah harf/ism yang merupakan fi'il amr untuk mufrad mudzakkar (dhamir هُوَ).

2. Maknanya adalah أَعْطِنِي (a'thinii), yaitu berikanlah aku; berikan kepadaku; tunjukan aku.
Jadi Bahasa Arabnya berikanlah padaku atau berikanlah aku selain أَعْطِنِي adalah هَاتِ

3. Contoh kalimat menggunakan هَاتِ

- هَاتِ يَا أَحْمَدُ (haati yaa Ahmadu), artinya Berikan padaku wahai Ahmad.

- هَاتِ الْكِتَابَ يَا أَخِيْ (haati al-kitaaba yaa akhii), artinya Berikan buku itu padaku wahai saudaraku.


4. Untuk mufrad mu-annats (dhamir أَنْتِ ), bentuknya berubah menjadi هَاتِي (haatii).

Contoh kalimat dengan dhamir mufrad muannats:

- هَاتِي يَا سُعَادُ (haatii yaa su'aadu), artinya Berikan padaku wahai Su'ad.


5. Untuk mutsanna (dhamir هُمَا), bentuknya berubah menjadi هَاتِيَا (haatiyaa).

6. Untuk jamak mudzakkar (dhamir أَنْتُمْ), bentuknya menjadi هَاتُوا (haatuu).

Contoh kalimat menggunakan هَاتُوا:

- هَاتُوا الْكِتَابَ يَا إِخْوَانُ (haatuu al-kitaaba yaa ikhwaanu), artinya: Berikan buku itu padaku wahai saudara-saudaraku.


7. Untuk jamak muannats, bentuknya menjadi هَاتِيْنَ (haatiina).

Contoh kalimat menggunakan هَاتِيْنَ

- هَاتِيْنَ يَا أَخَوَاتُ (haatiina yaa akhawaatu), artinya Berikan padaku wahai saudari-saudariku.


Tabel summary tashrif  هَاتِ


bahasa arabnya berikanlah aku


أَنْتَ : هَاتِ
أَنْتِ : هَاتِي
أَنْتُمَا : هَاتِيَا
أَنْتُمْ : هَاتُوا
أَنْتُنَّ : هَاتِيْنَ

Jadi, berikanlah padaku atau berikanlah aku bahasa Arabnya adalah هَاتِ


Contoh tashrif lughawi pada fi'il amr


Sebagai pelengkap, saya akan tunjukkan tashrif fi'il amr.

Pada materi ini, saya tidak menjelaskan bagaimana membentuk fi'il amr, karena hal ini sudah saya jelaskan di sini: bagaimana membentuk fi'il amr dari fi'il mudhari? 

Sekarang saya hanya menuliskan contoh tashrif lughawi pada fi'il amr sebagai bentuk pengulangan dan latihan.

Pada contoh kali ini saya ambil fi'il أَعْطَى - يُعْطِي  (a'thaa - yu'thii) yang artinya memberi. Di bawah ini adalah tashrif lughawinya:

أَنْتَ : أَعْطِ
أَنْتِ : أَعْطِي
أَنْتُمَا : أَعْطِيَا
أَنْتُمْ : أَعْطُوا
أَنْتُنَّ : أَعْطِينَ


Contoh satu lagi, yaitu  كَتَبَ - يَكْتُبُ (kataba - yaktubu) yang artinya menulis.

أَنْتَ : اُكْتُبْ
أَنْتِ : اُكْتُبِي
أَنْتُمَا : اُكْتُبَا
أَنْتُمْ : اُكْتُبُوا
أَنْتُنَّ : اُكْتُبْنَ


Summary-nya ada pada gambar di bawah:

tashrif lughawi fi'il amr , contoh kataba, a'thaa, dan haati


Sobat dapat melihat pada tabel di atas, pola tashrif untuk tiap-tiap dhamir adalah bagian yang dilingkari.

Semoga artikel ini bermanfaat. Nantikan pelajaran dan materi durusul lughah 2 selanjutnya di blog ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar