Skip to main content

Motivasi: Sikapilah Keadaan! Jangan Salahkan Keadaan!





Sikapilah Keadaan! Jangan Salahkan Keadaan!

          Apabila anda dihimpit suatu keadaan, janganlah anda menyalahkan keadaan tapi lihatlah bagaimana anda menyikapi keadaan. Karena begitulah keadaan, datang tanpa diundang dan diharap. Ketika anda menyalahkan keadaan, itu tidak berarti apa-apa. Orang bahagia bukanlah orang yang hidup di kondisi tertentu, tapi orang yang mampu menyikapi keadaan dengan sikap-sikap tertentu.

          Amat sedikit yang diperlukan untuk membuat suatu kehidupan yang membahagiakan, semuanya ada di dalam diri anda sendiri, yaitu di dalam cara anda berfikir dan bersikap.

          Ada kalanya tiba masa-masa sulit, yang membuat hidup serasa penuh dengan kepedihan, dan keluh kesah. Namun, pada saatnya jua tibalah masa-masa kegembiraan yang membuat hidup terasa ringan dan terang. Tanpa sadar bibir kita basah dengan senyuman.

       Sesungguhnya kesedihan, kegembiraan, kekecewaan, keriangan, dan emosi-emosi lain hanyalah sementara. Sebagaimana sesaatnya malam ditelan siang. Tak selamanya kesedihan dan kegembiraan melanda anda. Semua itu datang silih berganti, tanpa selalu dapat dinanti.

    Yang perlu anda fahami adalah kesementaraan ini. Kesementaraan menunjukkan bahwa emosi-emosi itu bukanlah milik anda. Ia hanya sebuah tawaran dari alam yang menuntun tindakan dan sikap anda. Ia bukanlah anda. Saat gembira sadarilah kegembiraan itu. Saat sedih fahamilah kesedihan itu. Saat anda penuh dengan kesadaran akan emosi anda, saat itu anda bersentuhan dengan jiwa yang tenang miliki anda.


Disajikan oleh: Muizzudien Abu Turob حفظه الله 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar