Skip to main content

Bengkak Di Kepala Bayi Akibat Goresan Tangan Ibunya



Bengkak Di Kepala Bayi

Assalamu’alaikum…
Dok ana mau bertanya, anak teman saya mengalami bengkak di kepalanya akibat terkena garisan kuku ibunya ketika waktu dimandikan,namun kepala bayinya tidak terluka. Usia bayi tersebut baru sebulan,dan bengkak yg di alami bayi tersebut tidak membuatnya merasa kesakitan,hanya saja sudah 2 minggu terakhir ini bengkaknya belum juga turun. teman saya sudah mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter dan kata dokter agar dia mengobati bengkak tersebut dengan alkohol 75%. bagaimana cara mengobatinya Dok,mohon bantuannya.
Jazakallahu khoiran.
Jawaban:
Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.
Bengkak pada kepala bayi seperti yang disebutkan kemungkinan merupakan suatu memar akibat pendarahan lokal. Kepala bayi masih lunak dan kaya akan pembuluh darah, sehingga cedera ringan saja dapat menyebabkan pendarahan ringan hingga berat. Pendarahan yang serius biasanya ditandai dengan keluhan anak rewel, lemas, malas menyusu. Pendarahan yang ringan tanpa luka terbuka biasanya hanya ditandai dengan memar sedangkan perilaku anak tetap seperti biasa, mungkin sedikit rewel namun mudah ditenangkan. Memar akibat pendarahan tersebut membutuhkan waktu cukup lama untuk mengempis, yakni ketika seluruh darah telah terserap kembali oleh tubuh. Bisa memakan waktu beberapa minggu. Pada masa penyembuhan ini, jika bayi tidak menunjukkan gejala pendarahan bertambah luas, atau perubahan perilaku seperti rewel dan malas menyusu, sebaiknya memar tidak perlu diberikan perlakuan apapun, namun tetap diperhatikan untuk memastikan memar tidak bertambah parah. Sebaliknya, jika muncul gejala seperti diatas, sebaiknya bayi segera diperiksakan ke dokter anak untuk mendapat kan perawatan lanjutan.
Dijawab oleh dr. Hafids (Pengasuh rubrik kesehatan Konsultasisyariah.com)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar